Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Senator Papua Pegunungan, Sopater Sam, Resmi Bergabung di Komite I DPD RI

 

Jayapura, Olemah.com-Senator Sopater Sam dari Papua Pegunungan secara resmi terpilih dan bergabung sebagai anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Sopater juga akan mengemban tugas di Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) dan Panitia Musyawarah (Panmus), mewakili Papua Pegunungan dalam memperjuangkan aspirasi daerah di tingkat nasional.

"Secara resmi, saya bergabung di Komite I, BULD, dan Panmus. Kami berempat dari Papua Pegunungan sepakat untuk membagi tugas di setiap komite serta alat kelengkapan dewan lainnya," kata Sopater Sam dalam pernyataan di Jayapura, Sabtu (12/10/2024).

Komite I DPD RI, di mana Sopater akan bertugas, memiliki lingkup kerja yang meliputi pelaksanaan fungsi legislasi dan pengawasan terhadap Undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pemekaran serta penggabungan daerah. Selain itu, Komite I juga menyampaikan bahan masukan dalam penyusunan pertimbangan atas rancangan Undang-undang APBN.

"Di Komite I, ruang lingkup kerja saya juga mencakup pemantauan dan evaluasi rancangan peraturan daerah (Perda), serta penyusunan rekomendasi terkait hasil pemantauan tersebut," jelas Sopater.

Sebagai anggota Panmus, Sopater bertugas untuk menetapkan jadwal acara persidangan DPD RI, yang disesuaikan dengan siklus pembahasan APBN oleh pemerintah pusat dan jadwal persidangan di DPR.

Sopater meminta dukungan penuh dari masyarakat Papua Pegunungan agar dirinya bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik. "Dengan tugas yang besar ini, saya memohon dukungan kepada seluruh masyarakat Papua Pegunungan agar dapat bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan," ujarnya.

Ia juga menegaskan pentingnya memperkuat peran Komite I dalam menangani urusan daerah, terutama evaluasi otonomi daerah dan pemekaran wilayah jika diperlukan. Menurutnya, hubungan yang baik antara pemerintah daerah dan para senator di pusat harus terbangun untuk memastikan aspirasi dan kebutuhan daerah dapat tersalurkan dengan baik.

"Saya berharap masyarakat dapat memberikan masukan-masukan yang membangun demi kemajuan dan kesejahteraan Papua Pegunungan," tutupnya.(Malik)

Posting Komentar

0 Komentar