Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Presiden Meksiko Kecam Perluasan Kekerasan di Timur Tengah, Serukan Penyelesaian Damai

Jakarta, Olemah.comPresiden Meksiko, Claudia Sheinbaum, mengutuk keras perluasan kekerasan yang tengah berlangsung di Timur Tengah, khususnya di Palestina dan Israel. Dalam pernyataannya, Sheinbaum menegaskan bahwa perang tidak pernah memberikan hasil yang baik dan meminta lembaga-lembaga internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), untuk mengambil peran lebih aktif dalam mencari solusi damai.

"PBB harus jauh lebih proaktif sebagai sebuah lembaga dalam mencari dan membangun perdamaian dunia," ujar Sheinbaum dalam wawancaranya dengan Sky News Arabiya, Minggu, 13 Oktober 2024.

Selain mengecam aksi militer yang dilakukan oleh Israel, Sheinbaum juga menyerukan pengakuan penuh atas kedaulatan Palestina sebagai sebuah negara. Menurutnya, solusi damai dan pengakuan terhadap negara Palestina merupakan langkah penting untuk menyelesaikan konflik yang telah berlangsung lama ini.

"Kami mengutuk agresi yang tengah terjadi, dan kami percaya bahwa negara Palestina harus diakui sepenuhnya, sama seperti Negara Israel. Ini adalah posisi yang telah dipegang Meksiko selama bertahun-tahun, dan kami tetap berpegang pada prinsip perdamaian di atas segalanya," tambahnya.

Presiden Sheinbaum juga mengingatkan bahwa di bawah pemerintahan sebelumnya, yang dipimpin oleh Andrés Manuel López Obrador, Meksiko telah mengutuk serangan oleh Hamas terhadap Israel, serta mengecam pemboman yang dilakukan Israel di Gaza yang menyebabkan kerusakan besar dan korban jiwa.

Dengan situasi yang semakin tegang, Presiden Sheinbaum mendesak agar seluruh pihak terlibat dalam dialog damai untuk menghentikan kekerasan dan melindungi hak-hak sipil kedua belah pihak. (Malik)


Posting Komentar

0 Komentar