Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Presiden Jokowi Dianugerahi Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana dan Gelar Warga Kehormatan Brimob

Depok, Olemah.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menerima medali kehormatan keamanan dan keselamatan publik 'Loka Praja Samrakshana' serta gelar warga kehormatan Brimob dalam sebuah acara di Markas Komando Korps Brigade Mobil (Mako Brimob), Kelapa Dua, Depok, Senin (14/10/2024). Medali ini diberikan sebagai apresiasi atas kontribusi besar Jokowi dalam pengembangan Korps Bhayangkara.

Medali kehormatan tersebut langsung diserahkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam upacara yang juga dihadiri oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Acara tersebut berlangsung di sela-sela apel kesiapan pengamanan dan dimulai dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Penganugerahan medali kehormatan ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/1723/X/2024 tentang Tanda Kehormatan Keamanan dan Keselamatan Publik. Sementara itu, gelar warga kehormatan Brimob diberikan sesuai dengan Keputusan Dankorbrimob Nomor Kep/114/IX/2019 terkait tradisi Brimob.

Dalam acara tersebut, Jokowi dan Prabowo tiba sekitar pukul 8.31 WIB mengenakan setelan jas dengan dasi merah serta topi baret Brimob. Keduanya menuju lapangan utama menggunakan Mobil Maung yang diiringi oleh marching band sepanjang perjalanan.

Selain penganugerahan tersebut, Jokowi juga memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja (satker) Polri yang dinilai berjasa dalam tugas kepolisian, yakni Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokkes Polri. Nugraha Sakanti merupakan penghargaan bagi kesatuan Polri yang berkontribusi besar bagi kepentingan bangsa dan negara.

Pakar linguistik dari Universitas Indonesia, Atin Fitriana, menjelaskan bahwa medali 'Loka Praja Samrakshana' berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti perlindungan terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.*****


Posting Komentar

0 Komentar