Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

PJ Bupati Nduga Laksanakan Program Ketahanan Pangan dengan Menanam Padi di Distrik Krepkuri

Kenyam, Olemah.com – PJ Bupati Nduga, Elai Giban, SE, MM, melaksanakan program nasional terkait ketahanan pangan dan inflasi daerah dengan menanam padi di lahan masyarakat di Batas Batu, Distrik Krepkuri, pada Sabtu (3/8/2024). Kunjungan kerja ini didampingi oleh Dandim 1706/Nduga Letkol Inf Saeri, Sekda Nduga Natal Sasemtua, Kepala Dinas PU Gai Murib, dan para OPD lainnya.

Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi masyarakat atau daerah. Namun, saat ini bahan pangan khususnya beras di Kabupaten Nduga masih didatangkan dari luar daerah. Melalui program penanaman padi ini, diharapkan masyarakat dapat mandiri memenuhi kebutuhan pangan berupa beras.

“Beras yang kita makan sehari-hari ini didatangkan dari luar, saya harap ke depan kita bisa mandiri memenuhi kebutuhan pangan kita sendiri,” ujar PJ Bupati Elai Giban.

PJ Bupati mengajak masyarakat Nduga, khususnya di Distrik Krepkuri, untuk membuka lahan guna menanam padi maupun bahan makanan lokal lainnya. Menurutnya, lahan di Distrik Krepkuri sangat cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman seperti padi dan buah-buahan.

“Saya lihat lahan di Distrik Krepkuri ini sangat bagus ditanami padi maupun tanaman makanan lainnya bila dibandingkan dengan wilayah di Provinsi Papua Pegunungan lainnya. Potensi ini harus kita manfaatkan. Di wilayah pegunungan ada dua kabupaten yang berpotensi menanam padi skala besar, yakni Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Nduga,” tambahnya.

Untuk mensukseskan pembukaan lahan pertanian tersebut, PJ Bupati meminta kepala suku di Distrik Krepkuri untuk memberikan izin pembukaan lahan yang nantinya bisa dibagikan dan dikelola oleh masyarakat di 32 distrik di Kabupaten Nduga.

“Hari ini kita canangkan seluas 20 hektar, namun saya berharap kita bisa membuka lahan lagi 300 hektar yang nantinya dapat dimiliki oleh masyarakat. Saya meminta khusus kepada kepala suku Krepkuri untuk dapat memberikan lahan sehingga kita bisa mencetak sawah maupun menanam tanaman lokal lainnya seperti ubi jalar, buah merah, kopi, dan lainnya,” katanya.

Selain itu, PJ Bupati juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Nduga untuk serius melaksanakan program pencanangan ketahanan pangan dengan memberikan pendampingan kepada masyarakat yang akan bertani maupun berkebun. (Malik)


Posting Komentar

0 Komentar