Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pembakaran Kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan: Polres Jayawijaya Selidiki Penyebab dan Pelaku

Wamena, Olemah.com – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Pegunungan yang berada di Hotel Wamena, hangus terbakar dalam sebuah aksi massa yang terjadi pada Rabu (14/08/2024). Polres Jayawijaya kini tengah melakukan penyelidikan mendalam terkait insiden tersebut, yang diduga dilakukan oleh massa aksi dari Forum Lintas Masyarakat dan Pemuda Bersatu se-Kabupaten Tolikara.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom., mengonfirmasi kejadian tersebut. "Pada hari Rabu, bertempat di Jln. Hom-hom Wamena, telah terjadi pembakaran kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan yang dilakukan oleh massa aksi Forum Lintas Masyarakat dan Pemuda Bersatu se-Kabupaten Tolikara," jelasnya.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Heri Wibowo, memberikan kronologi kejadian. Pada pukul 07.30 WIT, massa aksi tiba di kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan dengan tujuan untuk bertemu dengan Komisioner KPU. Namun, ketidakberadaan Komisioner KPU di lokasi memicu kemarahan massa yang kemudian berujung pada pembakaran kantor tersebut.

Selain itu, Kapolres Jayawijaya juga menjelaskan bahwa massa sempat melakukan perlawanan terhadap aparat keamanan yang sedang berjaga di sekitar kantor KPU. Mereka memaksa masuk ke dalam kantor dan melakukan aksi pembakaran. “Personil Polres Jayawijaya dan Brimob Kompi D, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Jayawijaya dan Danki Brimob, segera mendatangi lokasi untuk memperkuat keamanan dan berhasil menyita sejumlah senjata tajam serta mengamankan 69 laki-laki dan 12 perempuan,” kata AKBP Heri Wibowo.

Pada pukul 08.27 WIT, pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api, namun kerugian telah terjadi dengan hangusnya bangunan Hotel Wamena yang sementara digunakan sebagai kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan.

Penyelidikan lebih lanjut kini tengah dilakukan oleh Polres Jayawijaya untuk mengungkap motif dan dalang di balik aksi pembakaran ini. Sementara itu, aparat keamanan tetap bersiaga untuk mencegah terulangnya kejadian serupa. 

Posting Komentar

0 Komentar