Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Perayaan HUT Ke-XIV KNPB Konsulat Indonesia di Gorontalo: Memperkuat Konsolidasi Persatuan untuk Pembebasan Nasional Bangsa Papua

Gorontalo, Olemah.Com - KNPB Konsulat Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-XIV pada 24 Juli 2024 di Aula Asrama Mahasiswa Papua IX, Gorontalo. Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan wilayah KNPB Konsulat dan delegasi dari berbagai wilayah, termasuk KNPB Pusat.

KNPB Konsulat Indonesia merupakan perpanjangan tangan dari KNPB Pusat yang bertugas melobi politik rakyat Papua dan vokal menyuarakan pelanggaran HAM di Tanah Papua. Organisasi ini juga berperan sebagai media rakyat yang konsisten dalam menyuarakan aspirasi masyarakat Papua di tingkat daerah, nasional, maupun internasional.

Kegiatan perayaan HUT KNPB Konsulat Indonesia yang ke-XIV mengambil tema “Konsolidasi Persatuan untuk Pembebasan Nasional bagi Bangsa Papua” dengan subtema “Gerakan Persatuan KNPB Konsulat Indonesia Siap Menentukan Nasib Bangsa Papua Keluar dari Perbudakan Kolonialisme Indonesia”. Acara ini diisi dengan dua kegiatan utama

Seminar Pendidikan Politik Dampak Globalisasi terhadap Hutan Adat Papua, disampaikan oleh AMPTPI, IMPIP, dan IMIPA. Hukum dan HAM, disampaikan oleh Solidaritas, LMID Wilayah Gorontalo. MSN, disampaikan oleh KNPB Konsulat Indonesia dengan tema “Gerakan Mahasiswa sebagai Benteng Pertahanan Bangsa Papua dan Sejarah KNPB Konsulat Indonesia”.

 Perayaan Puncak HUT KNPB Konsulat Indonesia  Acara ini diadakan dengan berbagai sambutan, antara lain KNPB Pusat, disampaikan oleh Tn, Nesta Suhuniap, yang menyoroti krisis struktural yang dihadapi orang Papua di bidang ekonomi, politik, kemanusiaan, dan sosial budaya akibat rezim kolonialisme Indonesia, KNPB Konsulat Indonesia, disampaikan oleh Tn. M. Matulesi Giban, yang menegaskan pentingnya konsolidasi di setiap wilayah KNPB Konsulat untuk menjawab persoalan di Tanah Papua, KNPB Konsulat Wilayah, disampaikan oleh Tn. Yance Lantipo, yang mengajak orang Papua untuk tidak terpecah belah oleh kolonialisme Indonesia, IMPIP Gorontalo, disampaikan oleh Tn, Minson Narek, yang menekankan bahwa mahasiswa Papua adalah penentu masa depan Papua, AMPTPI DPW-Indonesia Tengah, disampaikan oleh Menus Yikwa, yang mengajak orang Papua untuk mengatur nasibnya sendiri, Solidaritas, LMID Wilayah Gorontalo, disampaikan oleh Kamrade Taufik M., yang menyatakan dukungan terhadap perjuangan Papua untuk menentukan nasib sendiri.

Perayaan ini juga diwarnai dengan tradisi budaya Papua, yaitu Bakar Batu, yang berlangsung aman dan tertib. Acara berjalan lancar berkat kerja keras panitia pelaksana HUT KNPB Konsulat Indonesia ke-XIV, yang dipimpin oleh Medius Tabuni (Ketua), Meki Kobogau (Sekretaris), dan Kiditon Tabuni (Bendera), dengan M. Matulesi Giban (Mandataris) sebagai penanggung jawab dari BP-KNPB-KI.

Dengan semangat persatuan dan keberanian, KNPB Konsulat Indonesia menegaskan tekadnya untuk terus memperjuangkan hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua. (Konsulat News)

Posting Komentar

0 Komentar