Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Joost Manusama, Putra Maluku, Siap Dilantik Sebagai Wali Kota Capelle di Belanda

Ambon, Olemah.com – Putra-putri keturunan Maluku di Belanda terus menoreh sejarah manis di berbagai bidang. Setelah berprestasi di dunia seni dan olahraga, kini giliran Joost Manusama, MA, bersinar di jalur pemerintahan. Dewan Kota Capelle telah mengajukan nama pria keturunan Negeri Abubu, Nusalaut itu, sebagai calon Wali Kota Capelle yang akan dilantik pada September 2024.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah seorang figur Maluku di Belanda akan dilantik menjadi wali kota. Sosok tersebut adalah Joost Manusama (59), putra Negeri Abubu Nusalaut, Maluku Tengah. Menurut situs resmi Dewan Kota Capelle, Joost Manusama, yang bergelar MA, lahir di Leidschendam dan menempuh studi Administrasi Publik serta Administrasi Bisnis di Universitas Erasmus di Rotterdam.

Karier Manusama di kepolisian cukup panjang dan beragam. Ia bertugas di Rotterdam, Rijswijk, dan Den Haag dalam berbagai posisi. Ia juga pernah bertugas di Breda pada Layanan Kepolisian Nasional dan menjabat sebagai Kepala Sektor Pendidikan Dasar Kepolisian di Akademi Kepolisian sebelum akhirnya menjadi atasan tertinggi di distrik kepolisian Zeeland pada tahun 2019.

Dewan kota mengumumkan pencalonan Manusama dalam rapat pada Selasa, 9 Juli. Jabatan wali kota Capelle kosong setelah Wali Kota Peter Oskam mengundurkan diri pada Desember 2023. Ketua komite dari dewan kota, Arwin van Buuren, menyatakan bahwa bersama Joost Manusama, dewan kota telah menemukan wali kota yang cocok dengan tiga kata kunci profil mereka: “terlibat, terhubung, berwibawa.”

Penunjukan Joost Manusama sebagai calon Wali Kota Capelle merupakan tonggak sejarah bagi komunitas Maluku di Belanda dan diharapkan dapat menginspirasi generasi berikutnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang. (Malukupost/capelleaandenijssel.nl)




Posting Komentar

0 Komentar