Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Asisten II Sekda Yahukimo Bongga Samule Buka Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Daya Tarik Pariwisata

Dekai, Olemah.com – Asisten II Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Yahukimo, Bongga Samule, secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Daya Tarik Pariwisata Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat lokal mengenai potensi dan peluang dalam sektor pariwisata.

Dalam sambutannya, Bongga Samule menekankan pentingnya pariwisata bagi peningkatan ekonomi masyarakat. "Jika pariwisata hidup, maka ekonomi masyarakat meningkat. Semua sektor akan bergerak seiring dengan berkembangnya pariwisata," ujar Bongga di hotel Yahukimo 1 Rabu 03 Juli 2024.

Bongga juga mengingatkan peserta pelatihan, yang sebagian besar adalah Orang Asli Papua (OAP), untuk memanfaatkan peluang yang ada. "Jangan kita hanya jadi penonton di atas negeri kita sendiri, sementara orang pendatang luar Papua bisa membaca peluang bisnis. Kita harus aktif dan tidak hanya duduk manis saja," tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa perbankan siap membantu melalui kredit bagi mereka yang jujur dan tekun dalam bekerja. "Banyak orang pendatang sukses karena mereka juga memulai usaha dengan kredit di bank. Kita, orang asli Papua, juga bisa sukses asalkan bisa bekerja sama dengan pihak perbankan dengan baik," tutup Bongga Samule.

Pemateri dari Dinas Pariwisata Provinsi Papua, Jeri Aronggear, juga memberikan penjelasan mengenai pentingnya empat aspek dalam pariwisata, yaitu destinasi, aksesibilitas, pemasaran, dan keuntungan. "Tugas kami adalah memberikan pemahaman pada masyarakat, khususnya pelaku usaha asli Yahukimo, untuk membaca peluang usaha dalam bidang pariwisata," ujar Jeri.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Yahukimo, khususnya dalam memanfaatkan potensi pariwisata untuk meningkatkan perekonomian lokal.

Olemah.com akan terus mengikuti perkembangan dan melaporkan hasil dari pelatihan ini serta dampaknya terhadap sektor pariwisata di Kabupaten Yahukimo.(Kaki Abu)


Posting Komentar

0 Komentar