Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Bupati Didimus Yahuli Menerima Kunjungan Menteri KBPMK di Yahukimo Dekai

 

Yahukimo, olemah.com- Bapak Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KBPMK)  dan Rombongan Pj Gubernur Papua Pegunungan Berkunjung ke Ibu Kota Dekai Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua Pegunungan, Jumat 10 November 2023.

Bapak Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KBPMK) Prof Dr. MUHADJIR EFFENDY dan rombongan datang melihat langsung ke kabupaten Yahukimo untuk memberikan bantuan Bama  kepada masyarakat distrik Pangema dan distrik anggruk yang kena dampak tanah Longsor dan kekurangan pangan.

Dalam gunjungan  ini bapak Effendy memberikan beberapa sumbangan seperti Dana Tunai Langsung 1 Milyar, Beras 20 Ton, Makanan Siap saji 10 ribu bungkus, biskuit protein 10 ribu bungkus, tenda pengungsi 6x12 5 unit, sembako 1500 paket, hygiene kit 1500 paket, lampu solar panel 50 set di terima langsung oleh bapak Bupati Kabupaten Yahukimo Didimus Yahuli, SH didampingi Bapak PJ Gubernur dan Para Asisten Provinsi Papua Pegunungan di Dekai.

Bapak Effendy Menyempatkan diri untuk melihat langsung Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Yahukimo Dekai, bertemu langsung pasien maupun perawat dan dokter setempat dalam kunjungan ke rumah sakit ini banyak keluhan yang disampaikan oleh kepala rumah sakit dr.  G yang paling susa untuk atasi ada lampu atau PLN.

Menurut dr. G kalao bisa pemerintah pusat bantu kami dengan PLN tenaga Air seperti di Wamena biar kamu tolong pasien ini dengan baik dan ada beberapa kendala juga disampaikan untuk perubahan tipe rumah sakit biar kami jangan rujuk pasien ke Jayapura dan Wamena tutupnya.

Bapak Effendy juga singgung tenteng Stunting apakah Kepala Bappeda suda anggarkan dengan baik atau tidak kalau orang kementerian kesehatan tolak sampaikan ke saya nanti saya laporkan ke bapak Presiden Republik Indonesia dan di lanjutkan dengan kerusakan beberapa bagian rumah sakit ini sekera siapkan anggaran untuk perbaiki dan kalau bisa kepala Dinas Pekerjaan umum melapor ke kami biar kami bantu, tutupnya.

Beberapa awak media wawancara di bandara dekai sebelum bertolak Ke provinsi Papua Pegunungan di Wamena  Bapak Effendy mengatakan Semua berita yang muncul di berbagai media itu suda di atasi oleh pemerintah daerah Kabupaten Yahukimo maupun Pemerintah Pusat melalui dinas terkait.

Namun saat ini hanya rehabilitas ulang atau di lengkapi kekurangan yang ada oleh kepala BNPB Mayor Jendral TNI Pajar akan menindak lanjuti rehabilitasi atau rehaprekons, termasuk yang longsor tutupnya.

Pada kesempatan yang sama bapak bupati yahukimo Didimus mengatakan kita bersyukur kita bisa lihat semua yang terjadi hari ini dan bapak menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KBPMK) datang ke Ibu kota Dekai ini Pastikan Kami akan mendapatkan anggaran Tambahan 2025 karena tahun 2024 sudah ada gambaran menurutnya.

Bapak bupati juga mengatakan bersyukur karena bapak menteri Koordinator langsung untuk melihat keadaan sesunggunya  Yahukimo dan saya suda jelaskan Yahukimo dalam Angka Yahukimo dalam bencana dan menteri suda mengerti sehingga menteri akan lapor sama presiden bahwa yahukimo baik-baik saja dan beberapa Deputi juga datang seperti BPBD, Pertanian dan kesehatan menurutnya.

Di tanya soal longsor di dua distrik yaitu pangema dan anggruk apakah ada bantuan dari kementerian atau tidak namun bapak bupati mengatakan masalah longsor Panggema dan Anggruk saya suda presentasi bagaimana pangema dan bagaimana Anggruk dan bencananya tidak sama jadi Bapak menteri sudah mengerti kemudian distrik Amuma kita suda tutup dan tidak ada apa pun yang di sebar luaskan di media itu suda tidak ada sehingga mereka yang memberitakan itu harus bertanggung jawab secara moral dan etiga tutupnya. (olemah)

Posting Komentar

0 Komentar