Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Kementerian Pariwisata Dukung Kabupaten Yahukimo sebagai Destinasi Prioritas

Kementerian Pariwisata Dukung Kabupaten Yahukimo sebagai Destinasi Prioritas

DEKAI, LELEMUKU.COM - Kementerian Pariwisata melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Yahukimo untuk mengeksplorasi potensi destinasi wisata di daerah tersebut pasa Senin, 17 Juni 2023. Dalam kunjungannya, Rudy Yarangga menyoroti beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kerja sama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendukung sektor pariwisata.

Dalam pertemuannya, Yarangga menyampaikan pentingnya koordinasi antara OPD terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan UKM, Dinas Lingkungan Hidup, dan OPD lainnya. Dia juga menekankan perlunya sikap dari Dinas Pariwisata untuk menentukan prioritas pengembangan daya tarik wisata yang akan ditetapkan oleh Bupati atau kepala daerah setempat.

“Kabupaten Yahukimo telah mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata untuk masuk dalam program Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pariwisata tahun anggaran 2024,” kata dia.

Lanjut Yarangga, DAK tidak hanya berasal dari bidang pariwisata, tetapi juga dari bidang perdagangan, infrastruktur jalan, dan lingkungan hidup. Hal ini menunjukkan kerjasama yang diperlukan untuk memajukan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor ekonomi yang berpotensi membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Masyarakat setempat juga diuntungkan langsung dari pariwisata ini, seperti menjadi pemandu wisata atau penjual makanan yang dapat meningkatkan penghasilan mereka secara langsung. 

“Dalam hal aksesibilitas, tercatat bahwa terdapat penerbangan reguler dari Jayapura ke Dekai dan Dekai ke Wamena, yang sangat memudahkan akses masuk dan keluar dari Kabupaten Yahukimo,” ungkapnya.

Dalam diskusi tersebut, seorang peserta, menanyakan apakah Kabupaten Yahukimo akan menerima Dana Alokasi Khusus Pariwisata pada tahun 2024. Yarangga pun menyatakan kesiapan pihaknya untuk mendukung hal tersebut, sementara Mega Pakan, Kepala Dinas Pariwisata, menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan Kementerian Pariwisata dalam memperoleh Dana Alokasi Khusus Pariwisata untuk mengaktifkan potensi wisata alami di Kabupaten Yahukimo.

“Dukungan pemerintah akan membantu kemajuan masyarakat Yahukimo melalui pengembangan sektor pariwisata,” sebut Mega. (Olemah)


Posting Komentar

0 Komentar