Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pemerintah Janji Dukung Pengembangan Sepak Bola Indonesia

 Artikel diedit dan dipublikasikan oleh Berita Olemah pada tanggal 07 Juni 2023

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan pihaknya dan pemerintah akan terus berupaya memajukan prestasi dunia persepakbolaan Indonesia dengan menyediakan dan memperbaiki berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan.


“Satu, kita akan menerapkan sport science, kedua pembangunan infrastuktur yaitu salah satunya training camp yang ada di IKN, yang di mana pemerintah memberikan tanah dan membangun infrastruktur dasar tetapi juga ada peran daripada FIFA yang peduli dengan sepak bola Indonesia,” ungkap Erick di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/6).

Ia menjelaskan, untuk membangun infrastruktur dasar tersebut FIFA menggelontorkan dana sekitar USD7,3 juta. Menurutnya fasilitas yang akan dibangun di IKN tersebut akan menjadi fasilitas lengkap yang terdiri dari lima lapangan sepak bola, satu lapangan bola pantai, satu lapangan futsal. Seluruh fasilitas itu dikembangkan dengan mengandalkan sport science dan dilengkapi tempat istirahat yang memadai.

Erick menuturkan, pihaknya juga akan membuat program berkelanjutan bagi pemain muda tim nasional sepak bola Indonesia, seperti pemain U-16 dan U-17 yang nantinya akan dipersiapkan untuk masuk ke dalam laga U-20 dan U-22.

"Untuk U-20 dan U-22 ini tentu kita sudah prioritaskan di bawah coach Indra untuk mencoba di Asian Games sebagai tentu apresiasi dan tes nyali. Dan juga sebagian dari pemain U-20 dan 22 ini yang belum memiliki klub itu akan masuk ke klub Bhayangkara sebagai program keberlanjutan untuk tim nasional muda ini," ujar Erick.

Lebih lanjut, Erick mengatakan bahwa pemerintah juga akan mendukung program jangka panjang pengembangan sepak bola di Indonesia.

"Tadi saya memberanikan diri, kita akan memaparkan program jangka panjang, tentu PSSI akan mencari uang sendiri juga tapi alhamdulillah tadi Pak Presiden, Pak Menpora juga ikut menjadi bagian membangun sepak bola program jangka panjang ini," katanya.

Asah Pemain Muda Lewat Kompetisi

Pengamat Sepak Bola M.Kusnaeni yang akrab dipanggil Bung Kus mengatakan, apa yang dipaparkan oleh Erick Thohir memang sudah sepatutnya dipersiapkan oleh PSSI, karena hal tersebut merupakan kebutuhan dasar dalam pembinaan dan pengembangan sepak bola.

“Itu baru hal yang dasar sebetulnya, dan belum merupakan hal yang bisa menjadi trigger untuk peningkatan prestasi. Jadi dasarnya dulu harus ada, seperti infrastruktur untuk menunjang pembinaan, sport science dilibatkan dalam proses pembinaan itu. Llalu SDM tidak boleh dilupakan seperti pelatih berkualitas, wasit berkualitas, karena tanpa wasit dan pelatih yang berkualitas pertandingan juga tidak bisa menarik, dan pembinaan juga tidak akan berhasil,” ungkapnya kepada VOA.





Posting Komentar

0 Komentar