Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Jokowi Lantik Dito Ariotejo Sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga

 Artikel diedit dan dipublikasikan oleh Redaksi lelemuku pada tanggal 03 April 2023

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora yang baru dilantik Dito Ariotejo mengatakan mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menggalakkan liga antar kampung atau tarkam. Dito dilantik hari ini menjadi Menpora yang baru menggantikan Zainudin Amali.

"Presiden ingin liga-liga pertandingan olahraga itu masif dilaksanakan di level tingkat pendidikan sekolah, kuliah, dan juga untuk rakyat kita diminta menggalakan liga antar kampung (tarkam)," ujar Dito di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 3 April 2023.

Selain itu, Dito menyebut Jokowi juga menginginkan agar Kemenpora bisa fokus meningkatkan kapasitas kemampuan para atlet yang bertanding di beberapa cabang olahraga yang selama ini berpotensi menyumbangkan mendali dalam Sea Games dan Asian Games. Dengan fokus ini, Dito yakin perolehan mendali akan lebih efisien.

"Presiden juga sangat peduli dan ingin ekosistem sport industri Indonesia ini semakin maju dan semakin established. Pak Presiden ingin pengembangan pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan juga profesionalitas dengan capaian indeks pemudanya naik," kata Dito.

Sebelumnya Dito mengaku baru diberitahu oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa ia terpilih sebagai Menpora yang baru menggantikan Zainudin Amali pada Ahad, 2 April 2023.

Airlangga sebetulnya sudah sejak awal kabinet Jokowi terbentuk mengusulkan nama Dito sebagai salah satu menteri. Namun dia akhirnya terpilih di saat masa kepemimpinan Jokowi sudah tinggal setahun lagi. Dito menggantikan politikus Golkar yang lebih senior darinya Zainudin Amali yang memilih fokus sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 ini adalah pengusaha yang pada 2021 lalu bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

Di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Ia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.  (Tempo)

Posting Komentar

1 Komentar

Anonim mengatakan…
Mentri termuda masa presiden Jokowi luar biasa jiwa muda bisa bawa Indonesia ke arah yang baik