Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Welliam Manderi Ungkap Presiden Wajibkan Daerah Buat Anggaran Kebencanaan

 Artikel diedit dan dipublikasikan oleh admin lelemuku pada tanggal 10 Maret 2023

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Penaggulangan Bencana 2023, Kasat Pol PP dan PBD Provinsi Papua Papua Welliam Manderi SIP, M.Si hadir mewakili Plh. Gubernur Papua mengatakan siap menindak lanjuti arahan yang di berikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Winderi menegaskan bahwa Papua akan membuat perencanaan penganggaran sesuai dengan kebutuhan pengganggaran kebencanaan yang akan di sesuaikan dengan kemampuan daerah.

Penegasan tersebut sejalan dengan kejadian atau musibah gempa yang terjadi beberapa waktu lalu dimana wilayah Papua, khususnya di Jayapura mengalami Gempa berkekuatan M. 5,4 yang mengakibatkan terjadi kerusakan – kerusakan infrastruktur Pemerintah dan fasilitas pelayanan publik di kota Jayapura dan sekitarnya bahkan menelan beberapa korban jiwa.

Dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana 2023 Presiden Jokowi mengatakan daerah – daerah yang besar yang memiliki kemungkinan bencana harus menganggarkan untuk mengantisipasi resiko bencana alam yang akan terjadi.

Menjawab pertanyaan para awak media Jokowi mengatakan “ Daerah bisa mengkalkulasi sendiri, misalnya daerah yang sering terjadi erupsi gunung berapi, daerah- daerah yang ada di garis kebencanaan gempa bumi, daerah yang sering banjir, mestinya semua (daerah) menganggarkan  karena kedepan akaan adanya perubahan iklim itu, resiko bencana alam akan sering terjadi, itu harus disiapkan dan dimitigasi dan semuanya harus disiapkan anggarannya “

Rapat Koordinasi Nasional  yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo Pada kamis 2 maret 2023 di Arena Jakarta Internasional Expo Kemayoran dengan  thema “Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam menghadapi Bencana “ ini juga ditempat yang sama diselenggarakan Pameran Industri kebencanaan  Asia dan Global ForumFor Susitanable Resilience (GFSR). (DiskominfoPapua)


Posting Komentar

0 Komentar