Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Jepang Tambah Anggaran Pertahanan Rp 113 Triliun pada 2023

 Artikel diedit dan dipublikasikan oleh Redaksi lelemuku pada tanggal 10 Desember 2022



JAKARTA, LELEMUKU.COM - Tiga sumber mengungkap Pemerintah Jepang dilaporkan akan menambah anggaran pengeluaran bidang pertahanan sebesar 1 triliun yen atau sekitar Rp 113 triliun pada 2023. Dengan penambahan ini, maka anggaran pertahanan Jepang pada tahun fiskal berikutnya menjadi sekitar 6,5 triliun yen atau Rp 742 triliun.

Anggaran pengeluaran Jepang tersebut, termasuk bagian dari upaya mengalokasikan 43 triliun yen atau sekitar Rp 5 kuadriliun untuk rencana pembangunan pertahanan lima tahun. Sumber yang tak ingin disebutkan namanya menyatakan, peningkatan anggaran pengeluaran bidang pertahanan ditujukan untuk pengadaan amunisi dan pengeluaran terkait rudal jarak jauh.

Pengeluaran anggaran fiskal 2023 untuk pertahanan akan dibandingkan dengan rekor 5,4 triliun yen yang dialokasikan untuk tahun fiskal saat ini.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida telah mengumumkan rencana untuk menaikkan pengeluaran pertahanan ke jumlah yang setara dengan 2 persen dari produk domestik bruto dalam lima tahun, dibandingkan 1 persen berdasarkan kebijakan saat ini. Upaya tersebut untuk mengatasi Cina yang semakin tegas dan Korea Utara yang tidak dapat diprediksi.

Sebagai bagian dari rencana pengeluaran pertahanan sebesar 43 triliun yen selama lima tahun ke depan, pemerintahan Kishida akan membelanjakan 5 triliun yen untuk rudal pertahanan. Sementara 5 triliun yen lainnya untuk pembelian amunisi. Salah satu sumber mengatakan anggaran pertahanan akan meningkat 1 triliun yen setiap tahun selama lima tahun ke depan.(Tempo)

Posting Komentar

0 Komentar