Berita Terbaru

6/recent/ticker-posts

Pendidikan Usia Dini Tanggung Jawab Bersama

 

LELEMUKU YAHUKIMO- Perhatian tumbuh kembang anak-anak Yahukimo menjadi perhatian serius ketua  Penggerak PKK dan  bunda Stunting  Ani Yikwa  Yahuli selaku Bunda PAUD Yahukimo, bersama kepala Dinas KB Kabupaten Yahukimo,Merlina Hesegem,S.Pd.

Demi memastikan tumbuh kembang anak Yahukimo yang baik, Bunda PAUD bersama Kepala Dinas KB dan Pokja PAUD melakukan kunjungan ke 13 PAUD yang ada di Dekai.

Kunjungan tersebut berlangsung selama tiga hari dengan membawa bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) dan Kartu Menuju Sehat (KMS).

Kepala Dinas Keluarga Berencana (KB) mengungkapkan bahwa kunjungan ke PAUD merupakan bagian dari upaya untuk memastikan anak-anak Yahukimo bisa bertumbuh secara baik.

Hesegem juga menambahkan untuk anak bertumbuh kembang baik itu juga tidak terlepas dari peran orang tua karena di sekolah dengan bunda atau guru hanya hitung jam saja tapi kebanyakan dengan orang tua di rumah jadi saya berharap orang tua siswa berperan aktif untuk masa depan anak dan kesehatan anak, menurutnya.


Bunda PAUD Yikwa Yahuli Juga Menegaskan sekarang sudah berubah bukan lagi seperti dulu. Sekarang sudah menjadi PAUD yang terintegrasi Holistik dimana anak-anak bukan hanya belajar tetapi juga aspek kesehatannya diperhatikan”, ungkapnya

Menurutnya, upaya menjadi PAUD  tidak hanya terletak pada pundak para pengelolaan PAUD tetapi berbagai pihak terkait, yang juga menjadi Bunda Stunting Kabupaten Yahukimo di Taman Seminari Santo Antonius Dekai  Kamis (10/11/2022).

Untuk menjadi PAUD  tidak bisa dipenuhi sendiri oleh PAUD tetapi perlu dukungan lintas sektor,” tambah Yigwa.

Karena itu, Yigwa memberikan apresiasi kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Yahukimo atas dukungannya untuk memperhatikan aspek tumbuh kembang anak di PAUD.

Dirinya menambahkan bahwa Dinas lain pun bisa mulai memperhatikan PAUD. Dinas kesehatan misalnya bisa membantu PAUD dengan makanan bergizi serta memberikan pelatihan kepada guru PAUD tentang cara memantau tumbuh kembang anak.

 Ini merupakan program nasional untuk mencegah stunting dan ini sesuai dengan visi misi pemerintah,” ungkap Hesegem terkait bantuan KIT edukatif dan KMS yang disiapkannya.

Menurutnya upaya mendukung tumbuh kembang anak menjadi tugas bersama semua pihak.

Salah satu hal yang mesti jadi fokus adalah memantau tumbuh kembang anak agar tidak ada anak yang mengalami stunting,” tambah marlina

Dirinya berharap agar bantuan perlengkapan berupa APE dan KMS bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk semakin mencerdaskan anak-anak maupun untuk memantau tumbuh kembang anak.

“Kalau bisa memantau tumbuh kembang anak, kita bisa mencegah adanya anak yang menderita stunting,  Hesegem. (Olemah)

Posting Komentar

0 Komentar